post

Katanya…


061480300_1483868479-ilustrasi_hoax_2

Seiring dengan keberadaan berbagai informasi yang meluap dalam kehidupan sehari-hari, tidak sulit bagi kita mencari dan menemukan hal-hal yang ingin kita ketahui. Semudah itu mengetikkan kata atau kalimat di kolom situs mesin pencari, kita langsung mendapatkan informasi yang kita inginkan. Semudah itu pula membagikannya ke berbagai media sosial dan aplikasi pesan digital.

Sayangnya masih banyak dari kita yang terbawa arus. Mencari namun tidak mempertimbangkan kebenaran berita tersebut. Tidak mencari pembanding lain untuk segala informasi. Tidak memeriksa ulang informasi yang didapatkan. Lebih parahnya lagi apabila kita mendapat berita atau pesan berantai yang memiliki konten menarik, lalu kita terburu-buru menyebarkannya ke orang lain, ke grup lain, ke media sosial lain. Padahal belum tentu benar, kan?

Kita sering terpaku dengan “katanya” dan merasa bahwa kata ambigu tersebut sudah menjelaskan semuanya. Padahal kita bisa bertanya balik, “Kata siapa? Dari mana infonya?” sebelum mempercayai. Kita selalu bisa memilih yang benar dan yang mudah. Benar apabila kita mencari tahu segala informasi yang kita dapat dan kita terima. Mudah apabila kita langsung percaya dan menyebarkannya tanpa pikir panjang.

Berita hoax sudah bukan hal asing lagi. Apakah kita akan tetap membiarkannya bertebaran dan tidak memperbaiki diri?

 


(Photo from Liputan 6 News)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s