post

Lulus Sarjana!


makrab baruruururu_170714_0026.jpg

Hari ini tepat H-1 wisuda sarjana. YEAY! Akhirnya perjuangan hidup di ITB terbayar sebentar lagi dengan selembar ijazah (dan segudang pengalaman selama kuliah)~

Hidup ini masih sama saja, naik menanjak tapi tidak bisa diulang lagi. Setiap pilihan yang diambil akan membuat kita berpikir tentang dampaknya di masa depan (kecuali untuk pilihan yang dibuat secara mendadak). Aku senang dengan kehidupanku di Bandung, di Jatinangor, dan bolak-balik keduanya. Kita akan selalu menemukan rasa lelah, benci, sakit, kesal, dan negatif lainnya tapi sebaiknya tidak kutuliskan di sini. Cara mengakhiri yang terbaik adalah dengan mengenang banyak kebaikan dan kebahagiaan.

Aku harus mengatakan bahwa kehidupan pengembangan diriku di ITB (jika ditinjau dari perlombaan yang dimenangkan dan pencapaian bersertifikat yang diperoleh) tidak seaktif saat aku masih duduk di bangku SMA. Di ITB aku tidak bertahan lama (hanya satu tahun, di tahun pertama) di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) karena aku tidak mau capek bolak-balik ITB Jatinangor – ITB Bandung. Aku juga tidak aktif di Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) atau yang biasa disebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di universitas lain, dengan alasan yang sama. Aku merasa tiga tahun di ITB Jatinangor kuhabiskan untuk kuliah (dan himpunan jurusan).

Awalnya aku menyesal karena merasa tidak banyak melakukan sesuatu karena mahasiswa seharusnya melakukan kegiatan yang akan mengembangkan kemampuan atau bakat terpendamnya *bla bla bla*, tapi tidak. Aku senang dengan pilihan yang aku pilih. Lagipula karena aku bukan tipe orang yang mudah menyesali masa lalu, aku merasa semakin bisa mengambil hikmah dari semuanya.

Saat melihat orang lain yang aktif di mana-mana (bukan hanya organisasi dalam kampus, tapi juga di luar kampus), berprestasi secara akademik, sering ikut lomba akademik maupun unit (dan menang), bisa pertukaran pelajar ke luar negeri selama beberapa bulan atau satu semester, menjadi kandidat (dan bahkan menang) mahasiswa berprestasi… aku tahu aku iri dengan semua itu. Namun seiring waktu yang kujalani, bukan berarti aku tidak berusaha meraih pencapaian-pencapaian yang tadi kusebutkan. Rasanya aku tidak adil pada diri sendiri kalau aku sampai kecewa karena tidak berhasil mendapatkan semua itu.

Hal yang bisa dilihat orang lain saat pertama kali mengenalmu adalah pencapaian saat sudah diraih. Semua pencapaian yang bisa dicantumkan di curriculum vitae adalah gelar yang menunjukkan kita menang. Cerita perjuangan di balik itu terlalu panjang untuk didengar dan dipahami orang lain. Itulah sebabnya pencapaian sebagai peserta tidak bisa dipahami sebagai perjuangan tersendiri. Itulah sebabnya kita harus menang bila ingin dilihat sebagai pemenang.

SidangKa Afri&Ka Aji_170615_0028.jpg

Pencapaian sampai mendapat gelar kemenangan memang sangat baik dan keren (selama kuliah aku tidak banyak merasakannya), tapi pencapaian sebagai orang yang memiliki tempat dalam ingatan dan hati orang lain adalah kemenangan yang tidak tergantikan. Aku mungkin tidak banyak merasakan kemenangan asli (dengan bukti piagam atau medali), tapi semoga aku bisa menjadi alumni yang mendapat tempat di hati teman-teman, adik-adik kelas, pegawai-karyawan, dan dosen-dosenku. Jadi ada do’a-do’a tersendiri yang kupanjatkan meski hanya Tuhan yang mengerti.

Semoga aku dikenang baik oleh semua orang selama perkuliahan, termasuk oleh orang-orang yang hanya sekilas bertemu denganku. Semoga tugas akhir yang kukerjakan kemarin memberi inspirasi dan membantu banyak adik-adik kelas kelak. Semoga aku bisa kembali dipertemukan dengan institusi ini (ITB) dalam kondisi yang jauh lebih baik (misalnya diundang sebagai tamu tertentu).

Terima kasih untuk pendidikan yang diberikan selama ini, ITB.

Izinkan aku lulus dengan tenang dan bahagia~

SidangKa Afri&Ka Aji_170615_0052.jpg

Leave a Reply

