Uncategorized

Jalan Pulang


road

Jalan pulang yang menuju ke arahmu adalah jalan yang ramai, suka cita, riuh, warna-warni. Serupa festival yang berlangsung setiap hari, menerbangkan balon pelangi ke angkasa, meniup lampion kertas origami ke cakrawala.
Aku ingin membelok di tikungan saja dan menatapmu dari ujung jalan. Aku tidak perlu buru-buru melangkah ke sana. Aku lebih baik pulang.

Jalan pulang yang menuju ke arahku adalah jalan yang lengang, sunyi, bungkam, dan hitam-putih. Serupa setapak menuju hutan yang berliku dan berliuk di sana-sini, remang, harum aroma tanah dan kayu basah, kadang berduri menyayat saat melangkah.

Jalan pulangku adalah jalan yang jarang ditempuh orang-orang lemah. Yang takut kakinya basah. Yang takut tersesat arah. Yang takut merasa lelah. Yang takut tersayat patah. Yang takut luka berdarah.
Karena hanya di sini kaumengerti letupan kunang-kunang menari riang.
Karena hanya di sini kaumengerti letupan cahaya aurora yang dihembus panjang.
Karena hanya di sini kaumengerti titik percikan kebahagiaan.

Bukan ada di keramaian.

***

Buyar, aku berhenti di tikunganmu. Nyatanya dalam keindahan, kamu juga masih merasa kesepian. Nyatanya dalam keramaian, kamu juga masih merasa kedinginan.
Nyatanya dalam keriuhan, kamu juga masih merasa kehilangan.

Meninggalkan jalanmu, aku melangkah ke jalan hitam-putihku. Menyalakan lilin kecil yang meliuk, sesekali meletup. Menyalakan kembang api yang mendesis, tersulut sampai habis.

Seketika dunia diam. Kaumelangkah dan menggenggam lilin kecil milikku, kembang api milikku, dan bergumam.

Aku rindu pulang. Bawa aku ke jalanmu.

(Photo from We Heart It)

Leave a Reply

