profesi

Perbedaan RIL dan TL di ITB?


kmil-jpg-rgb.jpg

 

Sebagai salah satu jurusan baru di Institut Teknologi Bandung (ITB), Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (RIL) sudah melahirkan 3 angkatan terhitung mulai tahun 2014. Sampai saat ini, masih banyak yang belum memahami bidang yang diusung dan dipelajari jurusan RIL dan bagaimana prospek kerja yang akan dihadapi di masa depan. Pertanyaan yang sering muncul adalah

apa perbedaan RIL dan TL di ITB?

RIL seringkali disamakan dengan Teknik Lingkungan (TL), yang memang merupakan pecahan dari jurusan tersebut. Sebelum membicarakan perbedaan antara RIL dan TL, ada baiknya kita mengetahui sejarah kedua jurusan ini di ITB.

Pada tanggal 10 Oktober 1962, lahir Departemen Teknik Penyehatan (TP) ITB di bawah naungan Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan. Sebagai yang pertama di Indonesia, lahirnya Departemen Teknik Penyehatan ITB tahun 1962 ini merupakan tonggak resmi berdirinya pendidikan tinggi Teknik Lingkungan (TL) pertama di Indonesia (Wikipedia, 2016)

Gede H. Cahyana menuliskan sedikit cerita di blog Mohammad Abror (2014) sebagai berikut.

Bidang yang dipelajari TP yaitu sanitasi, sehingga jurusan ini disebut juga Sanitary Engineering. Frase Teknik Penyehatan  meluas digunakan oleh pemerintah Orde Baru, bahkan beberapa kantor masih menggunakan istilah ini sampai sekarang. Pada dekade 1970-an, di seluruh Indonesia dimapankan nama Bagian Teknik Penyehatan di Departemen Pekerjaan Umum, di Kantor Wilayah Dinas Pekerjaan Umum provinsi sampai ke kabupaten dan kota. Saat itu sarjana Teknik Penyehatan hanya berasal dari ITB sehingga Departemen Pekerjaan Umum banyak diisi oleh alumni TP ITB. Tak mengherankan, mayoritas desain IPAM di BPAM atau PDAM pada dekade 1970 s.d 1980 didominasi oleh alumni ITB.

Kemudian American Society of Civil Engineers (ASCE) pada 1977 mengeluarkan istilah Environmental Engineering yang dilengkapi dengan definisinya yang cukup panjang. Di Bandung, dimotori oleh dosen dan alumni TP ITB pada waktu itu, yaitu tahun 1977 didirikan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan Indonesia (IATPI). Artinya ketika asosiasi insinyur sipil di Amerika Serikat merilis definisi untuk Teknik Lingkungan, di Indonesia baru dibentuk asosiasi bidang teknik penyehatan.

Istilah Teknik Lingkungan di Indonesia resmi muncul pada tahun 1984 setelah Departemen Teknik Penyehatan ITB diubah menjadi Jurusan Teknik Lingkungan ITB. Namun sejumlah nama, plank, etiket, label di banyak barang inventaris, termasuk kop kertas surat masih berlabel Teknik Penyehatan. Ini berlangsung hingga akhir dekade 1980-an atau 1990. Perlu waktu kurang lebih lima tahun untuk memapankan istilah Teknik Lingkungan di ITB. Di pusat juga, yaitu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjend. Pendidikan Tinggi, masih setia mencantumkan kata Teknik Penyehatan pada formulir dan brosur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan di berkas (buku panduan) Sipenmaru (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru).

Berdasarkan Dokumen Kurikulum RIL 2013-2018 yang dikeluarkan oleh ITB,

  • Program Sarjana Teknik Lingkungan (Environmental Engineering) lebih mengkonsentrasikan kurikulumnya untuk mencetak Sarjana Teknik dengan kompetensi lulusan pengelolaan dan pengendalian pencemaran Lingkungan, dengan target pasar utama adalah industri.
  • Program Sarjana Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (Environmental Infrastructure Engineering) lebih mengkonsentrasikan kurikulumnya untuk mencetak Sarjana Teknik dengan kompetensi lulusan bidang kerekayasaan air minum, limbah, dan sanitasi (waterwaste and sanitation engineering), dengan target utama pasar yang terkait dengan public utility.

Sehingga perbedaan mendasar antara RIL dan TL adalah lulusan RIL akan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  • Lingkup insfrastruktur: air minum, air limbah, drainase, dan persampahan
  • Perencanaan sistem dan jaringan
  • Perancangan instalasi dan bangunan pengolahan
  • Operasi dan pemeliharaan jaringan, instalasi dan bangunan
  • Pembiayaan dan investasi
  • Wawasan: penataan ruang, kesehatan lingkungan dan struktur bangunan

Alumni RIL diharapkan mampu menjawab kebutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan sumber daya manusia di bidang Air Bersih dan Sanitasi, sehingga bisa dikatakan bahwa RIL adalah TP yang lahir kembali dengan nama yang berbeda.

Sekarang mari kita bandingkan mata kuliah yang dipelajari RIL dan TL di ITB mulai semester 3 sampai semester 8 (semester 1 dan 2 tidak termasuk karena merupakan Tahap Persiapan Bersama (TPB)).

matkul RIL.PNG
Struktur Mata Kuliah RIL

 

matkul TL.PNG
Struktur Mata Kuliah TL

Bisa dilihat, RIL dan TL serupa tapi tak sama. Ilmu yang dipelajari RIL lebih spesifik dan fokus pada pengelolaan dan perencanaan infrastruktur sanitasi. RIL juga tidak mempelajari udara dan tanah seperti TL.

Untuk tahu lebih banyak tentang RIL, silakan klik di sini.🙂

One thought on “Perbedaan RIL dan TL di ITB?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s