mind self

Jangan Bertanya


 

 

Padamu aku masih sama”, katamu?

Aku hanya bisa membayangkan mendengarnya langsung darimu. Bahkan saat mengucapkan kalimat itu pun, kamu tidak muncul ke hadapanku untuk menyapa atau sekadar menampar masa lalu masing-masing dengan pertemuan yang disengaja.

Nyatanya tidak.

Kamu lebih memilih berdiam diri dalam hujan yang rembes di kelopak matamu. Menjadikannya abu-abu dan tidak ada pelangi, karena semua warna sudah habis untuk menutupi mendung di rambutmu. Rintik-rintik hujan yang setipis jarum dan berjatuhan di teras rumahmu itu bahkan tidak kau hiraukan. Hanya kau tatap lambat dan pekat, semakin gusar membuatmu tenggelam dan tersayat-sayat kedap.

 

Harus kukatakan, “Padamu aku tidak sama lagi

 

Kau tahu kenapa?

Kita berdua hanya dua manusia yang dipisahkan raganya, tapi pernah satu jiwa. Bukan berarti aku tidak pernah menyayangimu sepenuh hati dan setengah mati. Ya, kita pernah merindukan setengah mati, tapi nyatanya kita tidak mati. Kita masih hidup sekalipun terpisah, berpisah, sengaja memisah.

 

Kenyataannya pun aku masih bisa hidup tanpa kamu saat ini.

 

Jangan biarkan rasa sakit menuntun jalan pikiran kita ke arah yang buntu. Kau bisa hidup tanpa aku, percayalah. Aku juga mampu hidup tanpa kamu, yakinlah.

Jika kamu masih terus bertanya tentang perpisahan

dan masih menyalahkan aku yang seolah senang telah meninggalkan

Sungguh, kau tidak tahu seberapa koyak luka yang datang saat kita tidak lagi sejiwa

 

Jangan bertanya,

 

perpisahan ini terjadi karena kita bersama bukan untuk jadi bahagia, melainkan untuk melepas belenggu sepi yang fana

Kesepianmu itulah yang harus dihilangkan, dan kesepian-yang-mendidih-dalam-kepalaku lah yang harus diminum sambil bersulang

 

Nyatanya aku pernah merasa kehilangan

Jangan banyak bertanya, terima saja

Kita tidak akan pernah sama (lagi)


Photo from: We Heart It

Leave a Reply

