2 years ago · mind self

Seperempat


cake

Repost dari My Heaven of Love

Seperempat. Seperempat itu setengahnya setengah. Tapi jalanilah hidup dengan sepenuh hati dan cinta. Karena akan kau rasakan sendiri manfaatnya terutama bagi kepuasan batinmu. Tidak ada yang bisa menggantinya dengan materi. Hakikat kepuasan tidak hanya itu. Sempit sekali pikiranmu jika hanya itu. Menjadi dan mewujud seperti dirimu saat ini bisa jadi mengalami hal yang mudah dan yang sulit. Hal yang mudah seperti memilih mau makan apa, pakai baju yang mana, mau liburan ke mana. Sedangkan hal yang sulit seperti menentukan pilihan yang akan merubah jalan hidupmu. Jangan pernah merasa sendiri karena hakikat manusia memang terlahir sendiri. Tapi lihatlah di luaran sana. Banyak hal menarik untuk digali dan dipelajari. Bahwa hidupmu tak hanya tentang kamu. Tapi juga memahami milik orang lain dan menghargainya.

Milikilah identitasmu dan prinsipmu untuk bekalmu melangkah. Jangan pernah berhenti untuk meratap terlalu lama. Ya, trauma hanya membuatmu tak akan ke mana-mana. Sejauh apapun kamu melangkah, kamu tetaplah kamu dalam bayang masa lalu. Semua kan terasa salah bagimu. Semua kan terasa bisa melukaimu hingga menutup mata hatimu untuk peka. Membuatmu takut untuk melangkah. Bukankah anak kecil terjatuh berkali-kali untuk bisa berjalan hingga berlari menggapai rengkuhan ayah atau ibunya? Berpikirlah! Jangan hanya menangis saja. Tangis takkan hasilkan apapun tanpa tekad kuat dari dalam dirimu.

Bagaimana kabar hati? Apa? Ia tengah porak-poranda? Susun ulang lagi. Bukan sekali kau pernah merasakannya bukan? Jangan cengeng. Tidak ada waktu untuk menangis mendayu-dayu bak lagu dengan lirik murahan yang dengan mudahnya meledak di pasaran. Hatimu harus selalu belajar. Ingat! Hidup itu selalu berproses. Orang gagal adalah orang yang menolak untuk berproses menjadi lebih baik. Sudah ya, tidak ada waktu lagi untuk menanti sesuatu yang tidak pasti. Perjuangkan apa yang pantas diperjuangkan. Persiapkan diri menjadi sebaik-baiknya diri jika ingin mendapati hal-hal yang baik pula. Gabungkan naluri dan nalar!

Selamat berjuang!

-11 Agustus 2014, di suatu sore yang gerimis sambil menyeruput teh manis-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s